Jumat, 05 Juni 2020

Gegara Poster dan ngeChat Omjay

Poster, Respon Chat dan Semangat Menulis Terbarukan

Awalnya memang tidak terbayang dapat bergabung dalam kuliah online “Belajar Menulis” yang diselenggarakan PGRI. Ketidaksengajaan itulah kata yang pantas untuk melukiskan pertemuan dengan para tenaga pendidik, penulis sekaligus blogger hebat di komunitas “Belajar Menulis Gelombang 12”. Motivasi awal saya sebenarnya bukan untuk belajar menulis, namun untuk mencari kebenaran informasi adanya webinar yang diselenggarakan SLC PGRI yang dalam WAG dimoderatori James L Tomondow.
Saat membuka web PGRI.or.id saya melihat dan membaca informasi pada poster “Belajar Menulis” dengan foto Omjay dan Prof. Unifah Rosyidi. Tergerak hati dan jemari untuk menyimpan nomor yang dapat dihubungi pada poster dengan nama kontak “PGRI Menulis” (yang ternyata nomor HP nya Omjay atau Bapak Wijaya Kusuma). Tanggal 04 Juni 2020 pukul 12.41 WIB saya chat untuk menanyakan apakah kegiatan sudah dimulai dan dijawab baru dimulai dan Omjay memberikan nomor kontak Pak Bambang Purwanto Bandung. Setelah chat Pak Bambang Purwanto mendapat respon akhirnya dapat mengikuti kegiatan kuliah online “Belajar Menulis” ini. Dua untaian chat yang saya screenshot inilah yang menjadi awal keikutsertaan saya. Terima kasih Omjay dan Pak Bambang Purwanto Bandung yang telah membukakan pintu keikutsertaan saya di kuliah online ini.


Menulis memang bukan hal asing bagi pribadi saya. Sebelum menjadi ASN, banyak tulisan yang telah buat saya namun belum ada yang saya publish karena bingung harus kemana, dengan siapa dan bagaimana prosedurnya serta bagaimana aturan mainnya dalam naskah. Tahun 2012 saya menulis buku berjudul “Panduan Microsoft Excel 2020” dan melalui teman penulis berhasil diterbitkan sehingga sempat juga menikmati manisnya royalty buku. Setelah tahun 2012, saya vakum membuat tulisan karena sibuk menjadi editor beberapa Jurnal Pendidikan tingkat Kabupaten dan akhirnya vakum sama sekali karena kesibukan mengelola jaringan sekaligus maintenance ratusan komputer di laboratorum sekolah. Kegiatan menulis yang saya lakukan praktis hanya membuat PTK untuk persyaratan kenaikan pangkat.
Meskipun tidak mengikuti kuliah perdana dan kedua, karena baru tahu kegiatan ini hari Kamis (4/6/2020) dan bergabung di WAG hari Jum’at (5/6/2020), namun setelah membaca blog dari para tenaga pendidik, penulis dan blogger serta mengikuti kuliah pertemuan ke-3, menunjukkan bahwa forum belajar menulis ini ditampilkan orang-orang sukses dari dunia menulis. Insiprasi dari para tenaga pendidik maupun para penulis hebat yang telah membagikan pengalamannya serta menunjukkan konten kreatifnya menumbuhkan semangat bagi diri saya untuk kembali menulis. Tentunya dengan adanya bimbingan dari para pakar penulis, kegiatan saling berbagi antar peserta akan menambah khasanah pengetahuan sekaligus menjadi sumber semangat terbarukan agar aktivitas menulis saya yang vakum hampir 8 tahun dapat bersemi dan berkembang kembali. Selanjutnya saya mohon bimbingan dari para penulis-penulis hebat seperti Omjay, Ibu Tata Nurahayu dan kawan-kawan.

Salam dari Lereng Lawu

Eko Daryono




Previous Post
First

0 komentar: